Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Selasa, 31 Januari 2012

Cara merawat wajan teflon

Kali ini saya ingin membagi tentang cara merawat teflon yang baik dan benar, straight to the point, berhati-hati lah dengan teflon yang murah-murah, salah-salah baru beli 1 bulan atau 2 bulan udah jadi kayak begini
 
teflon yang terkelupas jangan di pakai lagi untuk menggoreng, karna takutnya nanti lapisan teflon nempel dengan makanan yg kita goreng, nanti akibatnya fatal lho!! bisa membahayakan kesehatan kita!
so.. kali ini saya ingin meng-share cara merawat wajan teflon yg baik dan benar dan agar tahan lama:
1. Cuci bersih peralatan masak berlapis teflon setiap kali habis dipakai, Keringkan dan simpan di tempat yang kering.
2. Jangan merendam peralatan masak berlapis Teflon terlalu lama di dalam air karena akan mempercepat rusak lapisan Teflon.
3. Cuci dengan air sabun menggunakan spon/busa yang lembut. Jangan pernah menggunakan abu gosok atau spon kasar kartena akan merusak lapisan Teflon.
4. Jangan menggunakan alat pengaduk dari besi, aluminium atau stainless steel karena akan menggores lapisan Teflon. Gunakan sendok kayu atau pengaduk    berbahan plastik yang tahan panas.
5. Saat memasak, gunakan api sedang. Jangan menggunakan api terlalu panas karena akan menyebabkan lapisan Teflon cepat rusak.
6. Olesi seluruh permukaan alat dari Teflon saat pertama kali menggunakan alat masak dari Teflon.
7. Jangan langsung mencuci atau merendam peralatan berlapis teflon sewaktu alat masak masih dalam keadaan panas
8. Jangan siram Teflon dengan air panas lalu air dingin. Karena lapisan Teflon bisa langsung terelupas akibat perbedaan suhu yang terlalu drastis.
9. Jangan memasak sampai gosong di atas teflon karena makanan gosong ini akan semakin meningkatkan panas yang memapar teflon.
10. Penggorengan Teflon dapat digunakan dengan suhu maksimal 250 derajat Celsius. Jika digunakan melebihi suhu makasimal bisa menyebabkan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya menguap dan menghasilkan gas racun.
so.. jangan lupa untuk merawat wajan teflon anda agar tidak gampang rusak dan aman untuk keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar