Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Rabu, 25 Januari 2012

Trik Mengolah Bumbu Dapur

BEGITU banyak bumbu dapur yang harus digunakan pada berbagai santapan Nusantara. Anda tentu harus mengenal hingga nantinya terbiasa dengan bumbu dapur.

Simak beberapa bumbu dapur serta cara memperlakukannya:

Bawang merah
[Image: BW9xh.png]
Siapa yang tak kenal dengan bawang jenis ini. Si pembuat cita rasa masakan menjadi lezat mempunyai cirri khas kulit berlapis. Nah, agar mata tak menjadi perih saat mengiris atau mengupasnya, berikut cara menaklukkannya:
- Rendam bawang merah dalam air selama 5 menit. Lalu, gosokkan bawang-bawang tersebut. Maka, kulit bawang akan mengelupas sendiri dan bawang siap dipakai.
- Lindungi mata Anda dengan kacamata agar terhindar dari uap bawang merah.
- Bila Anda sering menggunakan bawang merah, potonglah dalam jumlah banyak. Dan simpanlah dalam wadah kedap air dan letakkan dalam kulkas.

Bawang putih
[Image: 9oUmd.png]
Tentu Anda tidak asing dengan bumbu yang berfungsi sebagai penyedap masakan, sekaligus sebagai obat ini. Namun sayang, tiap kali mengolahnya, kerap meninggalkan bau yang kurang sedap di tangan. Ingin tahu cara menghilangkan bau? Simak tip berikut:
- Gosokkan kedua tangan dengan alat, seperti sendok atau garpu berbahan stainless steel di bawah air mengalir.
- Atau cara lain, gosoklah tangan dengan perasan jeruk limau yang telah dicampur garam. Bisa juga, rendam sebentar tangan ke dalam bubuk kopi dan bilaslah.

Kunyit
[Image: 1JXM2.png]
Acapkali saat mengolah kunyit, warna kuning menempel dan susah hilang. Nah, ada cara mutakhir menghilangkannya:
- Ambillah sedikit abu gosok dan campurkan dengan detergen. Kemudian gosoklah campuran itu menggunakan karet busa yang kasar. Maka lambat laun, noda kunyit menghilang.
- Cara lainnya, parutlah lengkuas. Gosoklah tangan dengan parutan lengkuas, lalu bilaslah dengan air bersih.

Cabai
[Image: jGr9c.png]
Bagi penyuka masakan pedas, tentu cabai menjadi yang utama. Sayang, saat mengolahnya, cabai membuat tangan menjadi panas. Sebelum mengolah cabai, oleskan terlebih dulu tangan dengan minyak goreng secara merata pada kedua telapak tangan. Setelah itu, segera bilas dengan air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar