Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Minggu, 11 Maret 2012

Kulit Salak Untuk Diabetes

Ibu saya menderita diabetes melitus tipe 2 yang tidak memerlukan insulin. Sebenarnya, penderita diabetes melitus tipe 2 dapat menjaga kadar gula darahnya cukup dengan mengatur pola makannya. Dengan disiplin makan makanan rendah kalori dan menghitung jumlah kalori yang masuk, kadar gula darah dapat dijaga dalam ambang normal.
Namun sayang, Ibu bukanlah orang yang bisa menjaga makannya dengan disiplin tinggi. Beliau juga masih suka minum kopi instant sachetan yang gulanya bukan gula rendah kalori. Alhasil sering kali gula darahnya melebihi angka 200 ketika dicek dengan alat AccuCheck.
Ibu sempat mencoba merebus beberapa tanaman untuk membantu menurunkan gula darahnya, termasuk daun sirsak. Selama beberapa minggu ia rutin minum rebusan daun sirsak namun tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, kadar gula darahnya masih tinggi. Maklum saja, daun sirsak memang bagus untuk kanker, tapi bukanlah obat segala penyakit.
Beberapa hari ini beliau mencoba merebus kulit salak dan meminum airnya, setelah mendapat saran dari temannya. Ternyata hasilnya cukup menggembirakan, Setelah minum air rebusan kulit salak kadar gulanya turun menjadi di kisaran 120 – 150.
Cara merebusnya cukup mudah:
  • Ambil kulit salak dari 2 – 3 buah salak, cuci bersih dengan air mengalir.
  • Masukkan ke dalam panci khusus merebus obat, tambahkan 500 ml air.
  • Rebus hingga mendidih, biarkan selama sekitar 5 menit.
  • Air rebusan diminum untuk sehari (tidak harus sekaligus habis).
Jika Anda atau ada kerabat Anda yang menderita diabetes, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain harganya tidak terlalu mahal, buahnya juga enak dimakan. Belakangan ini saya jadi sering makan salak hehe..

http://daunsirsak.net/kulit-salak-untuk-diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar