Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Minggu, 11 Maret 2012

Manfaat Lain Daun Sirsak

Selain untuk membantu penderita kanker, ternyata daun sirsak memiliki beberapa manfaat lain karena zat-zat yang terkandung didalamnya. Salah satunya adalah sebagai penurun tekanan darah. Daun sirsak memiliki zat aktif yang bersifat hipotensif, sehingga bisa membantu penderita tekanan darah tinggi.
Selain itu, daun sirsak memiliki zat anti-bakteri dan anti-parasit, sehingga bisa membantu penderita diare dan cacingan. Anti bakterinya mungkin bisa membantu membersihkan luka, juga yang mengalami keputihan.
Dari kesaksian banyak orang, daun sirsak juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Saat mengikuti penyuluhan kesehatan di Dinas Kesehatan Tangerang, saya berkenalan dengan seorang bapak yang duduk di sebelah saya. Beliau menceritakan salah seorang temannya sering merasa tegang di belakang leher sampai ke punggung yang merupakan gejala kolesterol. Setelah minum air rebusan daun sirsak, gejala tersebut hilang.
Juga ada kesaksian dari sebuah milis yang saya copy paste:
Pak (Bu ?) Yosa, setelah melihat beberapa buku perihal khasiat sirsak, istri saya akhirnya mencoba mencari daun sirsak dari kenalan (karena kami tidak punya pohon sirsak), tanpa dihitung urutan daun ke berapa. Daun sirsak diangin-angin saja pada suhu ruang, disebarkan dialas yang kering dan tidak ditumpuk-tumpuk serta tidak dijemur. setelah akhirnya kering sendiri selama 2 mingguan, maka setiap hari 8 lembar daun yang sudah coklat kering tersebut direbus dengan air satu panci kecil sehingga akhirnya air menjadi coklat sebanyak kira-kira 600 ml.Rasanya seperti air teh diberi daun pandan….padahal merebusnya tidak pakai daun pandan.
Saya sendiri setiap hari minum 200 ml…. Setelah kira-kira 1 bulan minum air teh sirsak, ternyata kolesterol ibu saya (usia beliau 71 dan sudah pernah 2 kali kena stroke) termasuk kategori normal, yang selama bertahun-tahun ini gak pernah masuk dalam kategori normal dan selalu minum obat kolesterol. Sekarang ini kondisi ibu saya sangat sehat, dan sama sekali tidak minum obat kolesterol, dan tetap tidak lupa minum teh sirsak tiap hari.
Ada juga yang mengatakan bahwa daun sirsak bisa menyembuhkan sakit maag. Hal ini mungkin karena daun sirsak memiliki zat antispasmodic yang dapat menenangkan otot polos di saluran penceranaan.
Daun sirsak juga memiliki zat yang bersifat sedatif sehingga bisa menenangkan syaraf.

http://daunsirsak.net/manfaat-lain-daun-sirsak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar