Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Minggu, 26 Juni 2011

Untuk Menjaga Kesegaran BUAH

Biasanya proses pematangan buah normalnya berada pada suhu tertentu, derajatnya berada pada 20 C. Kalau suhu rendah proses pematangannya akan menjadi lebih lama, karena itulah penurunan suhu dapat digunakan untuk menunda proses pematangan pada buah-buahan tertentu. Namun, suhu yang terlalu rendah dapat juga berakibat kegagalan dalam proses pematangan. Memang agak sulit menentukan suhu yang benar-benar tepat untuk menyimpan berbagai buah dalam satu tempat penyimpanan. 
Disamping menyebabkan gagal masak, suhu penyimpanan yang terlalu menyimpang dari  optimal akan berakibat mutu tidak baik, terutama untuk buah-buah yang berasal dari daerah tropis yang terbiasa dengan suhu tinggi.
Untuk ukuran umum, beberapa buah-buahan memang termasuk peka terhadap suhu rendah. Jika buah-buahan tersebut disimpan pada suhu lebih rendah dari suhu kritisnya, maka proses kerusakan akan terjadi. Sebagai contoh nyata adalah kalau kita simpan buah pisang dalam lemari es, maka akan terjadi kerusakan yang ditandai dengan warna pucat, kulit menjadi coklat dan bergaris atau bercak-bercak.
Disamping suhu, juga cahaya berpengaruh untuk awetnya kesegaran buah. Alangkah baik kalau ruang penyimpanan suhu rendah untuk buah, sebaiknya dalam keadaan gelap terkecuali waktu kita masukkan dan waktu kita ambil. Kondisi gelap akan menghambat terjadinya perubahan warna dan baunya. Khususnya untuk buah-buahan yang tinggi kandungan lemaknya kayak avokad akan lebih berpengaruh, karena cahaya membuat lebih cepat berubah warna dan baunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar