Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Sabtu, 23 Juli 2011

Tips "JITU" agar anak Gemar Membaca

Masa kini media komunikasi baik audio maupun visual sangatlah berkembang pesat. Acara-acara yang diprogramkan dan disuguhkan oleh televisi swasta sangatlah menarik dan memikat hati anak-anak. Terutama untuk mengisi waktu luang mereka seusai belajar atau pengisi hari libur. Diakui atau tidak, minat baca anak-anak sangatlah terpengaruh karena acara TV tsb.
Berikut ini pengalamanku dalam menanamkan gemar membaca sejak dini pada anak-anak seperti yang dilakukan oleh orang tuaku. Sejak aku dan adik-adik sudah tahu membaca, Bapak dan Ibuku selalu membelikan buku dan majalah, baik yang berisi cerita fiksi, cerita wayang, cerita sejarah maupun ilmu pengetahuan, sebagai buah tangan setiap mereka bepergian. Satu cara istimewa yang mereka gunakan adalah menyelipkan barang-barang lain seperti stiker, boneka kecil, pita rambut, atau kue-kue, sehingga terkesan buku-buku tsb bukan sebagai oleh-0leh utama. Karena terbiasa memperoleh buku dan tidak pernah merasa dipaksa untuk membaca isinya, kami menjadi kecanduan membaca buku. Kami bahkan mengoleksi buku-buku tsb hingga kami dewasa.
Seingat saya, kami sudah memiliki perpustakaan pribadi sejak SD, walaupun ada juga sisi buruk dari kegemaran tsb. Kami, tiga bersaudara, terpaksa harus memakai kacamata minus sejak kecil. Namun, keuntungannya lebih banyak. Kami dapat meminjamkan buku dan majalah kepada teman sepermainan kami dengan mengutip biaya Rp.500 per buku untuk seminggu, sehingga kami mendapat tambahan uang saku.
Sekarang, kami selalu berdiskusi tentang buku dan majalah yang kami baca secara bergiliran. 
Selain itu, teman-teman hampir selalu meminta saran saya tiap kali mereka akan membeli buku untuk hadiah. Aku juga merasa cukup percaya diri bergaul dengan berbagai macam orang dengan lingkungan yang berbeda, berbekal pengetahuan dari buku-buku yang aku baca. Semoga 'tips' dari Bapak dan Ibuku dapat ditiru oleh orang tua lain dalam menanamkan gemar membaca kepada anak-anaknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar