Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Kamis, 17 November 2011

Pertolongan pertama jika luka terbakar

Terbakar memang berbahaya, bukan saja karena nyeri di bagian yang terbakar, tetapi juga karena perubahan kimia yang mungkin terjadi di bagian tubuh. Terbakar adalah salah satu keadaan mendadak yang biasa terjadi di rumah tangga. Anak-anak kecil sering terbakar oleh cairan panas, kompor, radiator, aliran listrik yang terbuka, petasan, zat-zat kimia, seterika listrik, kebakaran gas, dilayur panas matahari, dan banyak lagi sebab-sebab lain. Bahaya terbesar disebabkan oleh shock, yang sering terjadi karena sebagian besar tubuh terbakar dengan hebatnya.
Bila seorang mendapat luka terbakar yang hebat, kehilangan zat cair dalam tubuh amat membahayakan, terutama bagi anak kecil. Ginjal dan kelenjar anak ginjal mungkin tidak bekerja dengan baik dan alat-alat lain di dalam tubuh mungkin terganggu olehnya. Luka terbakar yang agak kecil sekalipun mungkin mengakibatkan kelainan bentuk yang serius bila terjadi pada persendian besar, misalnya lutut. Luka terbakar yang dalam sering mengakibatkan banyak sekali jaringan parut. Jika jaringan parut ini menghalangi pekerjaan persendian, seharusnya bagian itu dikeluarkan dengan pembedahan plastik.
Perawatan : Luka terbakar yang enteng dapat dirawat di rumah. Cucilah bagian luka itu dengan sabun dan air hangat, sesudah itu taruhlah petrolatum atau vaselin lalu tutupilah kain kasa. Balutlah baik-baik. Tekanan menolong meringankan nyeri dan mengurangkan kehilangan cairan tubuh. Jika nyeri amat terasa, berilah sisakit satu atau dua tablet aspirin dan ulangilah setiap dua jam bila dianggap perlu untuk meringankan nyeri. Jagalah agar sisakit terhindar dari bahaya tetanus. Kebanyakan dokter menasehatkan setiap orang, tua dan muda, untuk mendapat suntikan tetanus toxoid.
Luka terbakar yang hebat selamanya menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya menyebabkan lepuh. Jika perlu, bersihkanlah kulit lebih dulu dan keluarkanlah segala kotoran dengan sabun dan air hangat. Lepuh yang besar boleh dibuka dan dikeringkan. Untuk maksud ini, gunakan sebuah jarum yang suci hama, atau sebilah pisau tajam yang sudah ditaruh lebih dulu pada nyala api. Taruhlah kain kasa yang telah dibubuhi vaselin pada bagian yang terbakar dan balutlah baik-baik. Jika lebih dari 10% dari seluruh tubuh telah terbakar, sisakit harus dimasukkan ke rumah sakit dengan segera. Luka terbakar selamanya lebih serius bila muka, tangan, kaki atau alat-alat kelamin turut terbakar. Jika si korban dalam keadaan shock, tetapi masih sadar, suruhlah meneguk air hangat. Bawalah dia dengan hati-hati ke rumah sakit. Jangan sekali-kali memberi minuman kepada seorang yang tidak sadar.
Terbakar karena zat kimia sering serius, dan mungkin mengakibatkan parut yang dalam. Tanggalkanlah semua pakaian yang sudah kotor dengan segera dan cucilah bagian itu baik-baik dengan banyak air. Jika mungkin, biarkanlah air mengalir ke seluruh bagian yang terbakar selama beberapa menit. Jika asam itu keras, cobalah menetralkannya dengan kain basah yang direndam dalam larutan natrium bicarbonat yang tidak keras. Luka terbakar karena alkali dapat dinetralkan dengan cuka. Luka terbakar karena karbol dapat dinetralkan dengan alkohol gosok. Jika terbakar hebat, taruhlah kain basah seperti yang dianjurkan tadi dan bawalah si sakit ke dokter.
Luka terbakar karena uap dan panas kering harus dirawat seperti luka terbakar hebat lainnya. Jika sisakit merasa lemah, berilah dia minum sesuatu yang hangat. Jika ia tidak sadar, baringkanlah tetapi jangan beri minum.
Luka terbakar karena listrik : Rawatlah seperti untuk luka terbakar hebat.
Dilayur panas matahari : Taruhlah minyak zaitun atau cream dingin pada bagian yang terbakar. Si sakit harus diam, berbaring bila mungkin. Aspirin boleh digunakan untuk meringankan nyeri. Kantong es dan alat pendingin, seperti handuk yang dicelupkan di dalam air es, dapat ditempelkan ke kulit yang terbakar untuk meringankan nyeri. Calamine lotion dapat juga menolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar