Welcome and please enjoy to these blog...:)


Welcome and please enjoy to this blog...:)

Rabu, 16 November 2011

Tips Penyembuhan Beberapa Penyakit dengan AIR (Hydrotherapy)

AIR adalah penyembuh alam yang besar. Air sudah dipakai sejak sejarah dimulai. Hydrotherapy adalah istilah ilmiah untuk perawatan yang menggunakan air dalam menyembuhkan orang sakit. Hydro artinya air; therapy artinya pengobatan. Hydrotherapy amat berguna. Meskipun demikian suatu perawatan yang baik tidak dapat hanya dengan menggunakan air saja. Untuk penyakit yang berat anda harus pergi kepada dokter. Di bawah pengawasannya anda dapat berbuat banyak untuk menolong seseorang yang masuk angin atau terserang flu. Guna perawatan, air merupakan zat yang baik sekali. Pada temperatur yang rendah air dapat berubah menjadi es. Pada temperatur yang normal air itu cair dan bila dipanaskan segera berubah menjadi uap. Semua perubahan ini mempunyai pengaruh pada tubuh, dan dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan orang sakit. Es amat berguna untuk merawat jaringan-jaringan yang akut seperti mata kaki yang terkilir. Sebaliknya air panas, atau sesuatu yang panas dalam bentuk apapun menambah lancarnya peredaran darah ke bagian badan yang sakit, dan amat berguna untuk meringankan penimbunan darah fase akut. Di bawah ini diberikan beberapa cara perawatan yang lazim digunakan dewasa ini.

Menghirup uap yang telah dibubuhi obat
Penghirupan uap yang telah dibubuhi obat merupakan sejenis perawatan untuk selesma. Yang anda perlukan hanyalah sebuah ketel yang bercerat. Isilah ketel itu dengan air setengah penuh. Teteskanlah sedikit minyak eucalyptus atau tinctura benzoin atau Vick's Vaporub atau obat-obatan sejenis. Pengobatan sederhana ini menolong membuka saluran udara dan meringankan penyumbatan. Tetapi uap itu selamanya merupakan bagian terpenting dari perawatan.
Bukalah sebuah payung dan taruhlah di atas kepala pasien, seperti ternyata pada gambar. Hamparkanlah sehelai sprei di atas payung tadi untuk membuat tenda. Sekarang letakkanlah ketel di atas plat listrik atau alat-alat lain agar tetap panas. Jika air sudah panas benar, panaskanlah plat listrik atau kompor sedikit saja. Jagalah supaya uap naik dengan leluasa melalui cerat ketel itu. Buatlah sebuah pembuluh kertas untuk mengalirkan uap ke bawah tenda. Sesudah itu celupkanlah sehelai kain tipis pada eucalyptus atau obat lain dan letakkanlah kain tipis tersebut di atas pembuluh kertas itu.
Biarkanlah uap naik melalui pembuluh di bawah tenda selama kira-kira 20 sampai 30 menit. Menghirup uap yang sudah dibubuhi obat amat berguna dalam perawatan selesma, gangguan sinus, radang cabang tenggorok, radang pangkal tenggorok dan radang paru-paru. Tetapi anda harus berhati-hati sekali bila merawat  anak kecil. Harus ada orang dewasa yang mendampinginya untuk menghindarkan kecelakaan yang mungkin terjadi. Jangan biarkan sisakit kedinginan selama pengobatan ini dijalankan.


Perawatan Darurat Radang Pangkal Tenggorok
Jika anak anda tiba-tiba mendapat serangan penyakit pada tengah malam, suruhlah dia menghirup uap air tanpa bertangguh. Jika anda mempunyai pipa air panas di kamar mandi, bawalah anak itu ke situ dengan segera, dan bukalah pipa air panas tersebut. Kamar mandi akan penuh uap dan memungkinkan anak itu bernapas lebih leluasa. Kemudian usahakanlah memanggil dokter selekas-lekasnya. Tinggallah tenang dan jangan panik. Kalau tidak, anak itu mungkin akan menjadi takut dan tidak dapat bernapas lebih baik.


Merendam Kaki dalam Air Hangat
Perawatan lain yang amat berfaedah ialah merendam kaki dalam air hangat. Ini menolong sekali untuk meringankan penyumbatan di dalam hidung dan sinus-sinus, dan bagi mereka yang menderita kaki dingin. Perawatan seperti ini berguna juga untuk meringankan ketegangan urat saraf.
Tong kaki harus diisi air hangat setengah penuh, beberapa derajat lebih panas dari suhu tubuh. Ujilah temperatur itu dengan tangan. Jika masih dingin, tambahilah air panas, tetapi berhati-hatilah jangan sampai membakar kulit. Sisakit harus tetap hangat selama perawatan. Selubungilah dengan selimut dan taruhlah penjaram (kompres) di kepala. Inilah suatu cara yang baik sekali untuk meringankan selesma atau sakit kepala karena ketegangan. Merendam kaki dalam air hangat baik sekali untuk meringankan kekejangan panggul dan tentu saja lebih disukai dibandingkan dengan pemakaian obat penghilang nyeri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar